5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Membuka Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Hub : 0812-6088-5384 - Abdullah Water <<>> Udah baca kan artikel kami tentang bagaimana prospek jualan air isi ulang, nah buat Anda yang udah yakin dan bulat mantaf hatinya mau buka usaha ini, nah berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum membuka bisnis depot ini.






Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu sebelum Anda benar - benar membeli paket pemasangan depot air minum isi ulang, jadi gak modal semangat membara aja. insya Allah hal - hal berikut ini bisa bermanfaat buat Anda kelak nantinya.

Oke langsung saja...
Apa saja hal - hal tersebut :



cari info tentang usaha depot air minum
cari info tentang usaha depot air minum
1. Cari Info

Anda harus carin info dulu sebagai bahan pembelajaran buat Anda untuk nantinya sebelum terjun buka bisnis depot air minum isi ulang.
  • Depot Air Mineral itu apa...?
  • Depot Air Pegunungan itu apa...?
  • Depot RO itu apa...?
  • Depot Dua Sistem itu apa...?
  • Depot RO Bio Energy itu apa...?
  • Depot RO Hexagonal itu apa...?

Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing depot tersebut dan bagaimana pula perbedaan keuntungan dan resikonya.

Jadi Anda gak buta kali tentang usaha depot air minum, asal nekat aja buka depot air minum tanpa ngerti tentang jenis depot air minum.


  • Yang paling gampang perawatannya depot air pegunungan
  • Yang paling banyak untung depot air mineral, yang bahan bakunya air PAM terlebih lagi bahan bakunya dari mata air
  • Yang agak agak repot sikit adalah depot air sistem RO.

melakukan survey tentang usaha depot
melakukan survey tentang usaha depot

2. Melakukan Survey


Coba Anda keliling dulu ke sekitar lokasi Anda.

Catat ada berapa depot yang udah buka, kasih keterangan air apa yang dijual di depot tersebut apakah air pegunungan, apakah air RO, atau air mineral biasa. 

Catat juga mana yang paling laris dan disukai oleh konsumen.

Cari tau juga strategi apa yang diterapkan oleh depot yang laris tersebut mengapa konsumen kok bisa tertarik dan loyal kepada depot tersebut, apakah ada kupon untuk konsumennya atau ada hadiah, atau ada hal lainnya.

Insya Allah data – data ini berguna banget untuk Anda sebagai acuan nantinya ketika buka usaha depot air minum.

Misal :
Kalau di lokasi Anda depot yang udah buka ternyata yang banyak adalah depot air pegunungan, maka ini menjadi masukkan buat Anda kalau di sana konsumen suka dengan depot air pegunungan, jadi Anda jangan nekat buka depot Air Mineral, kurang laku nanti.
Maka nanti Anda harus menjual yang udah jelas aja lakunya, udah jelas disukai oleh konsumen.



ukuran bangunan untuk usaha depot air minum
ukuran bangunan untuk usaha depot air minum

3. Siapkan Bangunan Untuk Usaha Depot

Bangunan untuk depot menyesuaikan juga dengan jenis depot, depot air pegunungan agak besar ukuran bangunannya karena menggunakan tangki penampungan yang besar, sedangkan  untuk depot air mineral bangunan yang kecil sudah bisa.
  • Depot  Air Pegunungan : Ukuran bangunannya minimal : 3,5 x 6 atau 4x5
  • Depot Air  Minum  Mineral : 3x3 atau 3x4
  • Depot RO Sistem : untuk Depot RO yang menggunakan membran kapasitas besar, ukuran bangunannya minimal  : 4 x 5
Untuk bangunan ini, kalau punya bangunan sendiri itu lebih baik jadi tidak pusing dengan bayar sewa per tahun nya. 

Anda bisa memanfaatkan garasi, teras rumah atau kamar depan yang dijebol depannya. Kalau ada rejeki lebih yang bangun aja khusus untuk depot nya.

CATATAN :
Pastikan LISTRIK dan Sumber Air sudah tersedia di bangunan untuk usaha depot, kecuali untuk depot Air Pegunungan karena air nya beli melalui mobil tangki.

Kalau bisa upayakan posisinya di pinggir, apalagi di persimpangan yang padat penduduknya jadi bisa lebih gampang dikenal. Insya Allah bisa lebih cepat majunya.

Kalau mau nyewa pilihlah lokasi di pinggir jalan dan di tempat pemukiman yang padat penduduk, usahakan bangunan yang disewa ada teras atau halaman untuk parkir armada depot. Kalau bisa sekalian tempat tinggal bagus juga jadi Anda bisa jadi lebih gampang mengontrol depot

Kalau nyewa itu resikonya harga sewa suka gak jelas naiknya, ada pemilik bangunan yang baek harga sewanya murah, mungkin kasihan nengok muka Anda, hehehe...

Ada yang agak kejam, mesti ngambil sewa gak boleh satu tahun. Nanti pas mau lanjut harga sewa nya gak mikir nyebut harganya, tinggi sangat...

Yang sakit itu, usaha depot maju pesat pas mau lanjut sewa yang punya bangunan bilang harga sewa naik, naiknya gak wajar, atau dibilanngya gak disewakan lagi. Terpaksa lah pindah...
Eh selang beberapa minggu pindah, di tempat lama tadi dibangun depot air minum juga, ternyata yang punya bangunan lama tergiur juga buka usaha depot air minum.

Ah sudah lah... sabar ya... rejeki sudah Allah atur...


modal usaha buka usaha depot air isi ulang
modal usaha buka usaha depot air isi ulang

4. Siapkan Dana

Nah ini yang paling penting, bujet...


Tapi sebenarnya sebelum Anda menyiapkan bujet, tentu harus mencari dulu informasi harga mesin air isi ulang atau berapa bujet pemasangan depot air minum sampai selesai.

Pilihlah paket depot yang ditawarkan sesuai bujet. Kalo dana agak lapang pilih spek yang agak lumayan.


Kalo dana mepet pilih paket depot air minum yang murah. 
Ada yang 13 juta, ada yang 18 juta.

Apa beda nya paket depot yang murah dan yang mahal...
Jelas lah ada bedanya.

Contoh macam kita mau bikin bangunan :
Kita mau bikin bangunan ukuran 7 x 12 dengan 2 kamar.

Kalau kita tanya ke pemborong bangunan berapa habis dana...?

Ya tergantung mau gimana bangunannya :
bisa 200 juta...
bisa 80 juta...
bahkan 30 juta pun bisa...

Tapi hasil bangunan yang bujet 200 juta dibandingkan dengan yang 30 juta tidaklah akan sama, meski sama-sama 2 kamar.

Yang 200 juta bangunan nya permanen pakai bata, semen standar, dan lain-lainya. Yang 30 juta pake dinding tepas, atau daun.

Begitu juga dengan depot...
Anda bisa tanya detail ke pemborong depot, catat apa yang dijelaskan dan diskusikan barang-barang yang disebutkan. 

Maka paling tidak Anda tidak buta sama sekali dengan kualitas bahan yang akan di pasang di depot Anda.


berdoa kepada Allah Yang Maha Pemberi Rejeki
berdoa kepada Allah Yang Maha Pemberi Rejeki


5. Berdoa Kepada Allah Subhanahu Wata'ala

Yup... ini juga gak kalah pentingnya yang harus Anda lakukan.
Banyak-banyak lah berdoa kepada Allah, agar dimudahkan semua urusan Anda yang berniat membuka usaha depot air minum.

Dan semoga kelak depot yang Anda buka, bisa laris dan bermanfaat untuk orang banyak.

Oke... Demikian aja 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum membuka Bisnis Air Galon.

Semoga Bermanfaat

Nah yang mau berapa harga mesin depot air isi ulang di medan komplit terima beres tinggal jualan aja, hubungi kami :
Abdullah Water
HP : 0812-6088-5384

Demikian, Wassalaamu’alaikum warohmatullah